Chemex coffee maker

 Chemex adalah


salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi peralatan untuk membuat kopi di rumah Anda. Alat tersebut merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyeduh kopi yang diinginkan. Alat untuk menyeduh kopi ini merupakan alat yang digunakan oleh para pecinta kopi di Amerika dan kini memasuki masa kepopulerannya. Alat ini sendiri pertama kali dikenalkan pada tahun 1940-an. Sementara di Indonesia, alat ini mulai dikenal masyarakat Indonesia pada tahun 2011.

Alat ini berbahan dasar gelas kaca dengan bentuk menyerupai jam pasir atau bentuk ‘X’ dengan dilengkapi pegangan yang berbahan kayu asli pada bagian tengah dari alat seduh tersebut. Desain dari alat seduh ini bisa dikatakan memiliki desain klasik.

Metode chemex

1. Langkah pertama yang dilakukan adalah melipat kertas filter yang akan digunakan.


2. Kopi digiling 25 gram dengan ukuran medium ke kasar pada grinder. Bila kopi terlalu pekat karena ekstrasi yang terlalu lama, maka Anda hanya perlu mengubahnya lagi menjadi ukuran yang lebih kasar dari sebelumnya.


3. Air dipanaskan hingga 90 derajat Celcius, setelah air dipanaskan, kertas filter dibasahi dengan air panas tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi aroma pada kertas filter dan memanaskan wadah Chemex. Air diaduk dan dibuang.


4. Kopi yang sudah ditakar dimasukkan ke atas kertas filter tadi.


5. Atur timbangan pada angka 0 dan mulai menuang air sebanyak 50 ml dengan gerakan melingkar, diamkan selama 30 detik, kopi akan blooming atau megembang.


6. Setelah 30 detik, tuang air sebanyak 50 ml, hingga berat mencapai 100 ml, diamkan sampai menit ke 01:00


7. Langkah selanjutnya adalah menuangkan air kembali secara melingkar, ulangi beberapa kali hingga mencapai 350 ml dan waktu ekstraksi 03:30 sampai 04:00 menit.

8. Buanglah kertas filter yang berisi ampas kopi, lalu aduk wadah Chemex supaya hasil kopi merata.


9. Enjoy your coffee.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalita wave

BARISTA

Roasting Kopi Atau songara kopi